Rabu, Desember 21, 2011

Sejarah Seni Patung Pasir

Sejarah Seni Pasir bermula pada jaman Raja Faraoh di Mesir. Para ahli bangunan masa itu menggunakan teknik ukir pasir untuk merepresentasikan rencana pembangunan monumen kepada penguasa Faraoh seperti Piramid dan Pura-pura.


Teknik-teknik modern yang digunakan saat ini, telah dikembangkan oleh pemrakarsa dari Akademi Seni Pasir Dunia, Mr. Gerry Kirk di pertengahan tahun 70an. Seni Pahat Pasir disebarkan dari Pantai Barat Amerika hingga Jepang, kemudian di perkenalkan di Eropa di tahun 1991 dan diikuti oleh Cina di tahun 1998. Saat ini, WSSA telah mendunia dan dikenal sebagai organisasi yang mengkhususkan di seni ukir pasir baik untuk seniman profesional dan penyelenggara acara.

Istana pasir umumnya dibuat oleh anak-anak dengan sturuktur kecil yang menyenangkan untuk melewatkan waktu di pantai, namun ada juga perupa pasir profesional yang membuat istana pasir dalam skala besar, kompleks dan juga bentuk seni lainnya dari pasir. Ribuan perupa pasir profesional dipekerjakan untuk menampilkan patung pasir yang dibuat khusus serta istana pasir untuk berbagi acara diseluruh dunia.

Evolusi yang panjang ini kemudian menghasilkan bentuk kesenian unik yang sekarang dikenal sebagai “seni pasir”. Seni pasir di definisikan sebagai sebuah aktifitas mencetak dan membentuk pasir ke dalam bentuk artistik seperti patung pasir, lukisan pasir, dan rupa lain dari pembetukan pasir. Istana pasir adalah salah satu bentuk patung pasir yang sangat kita kenal dan bahkan dipilih untuk dibuat.

Seni mengukir pasir ini sangat unik karena para penggemar dapat melihat sebuah karya dibentuk dan dibuat selagi perupa bekerja. Jenis "seni dalam aksi" tentu menarik bagi orang-orang dari segala usia.
Kemungkinan untuk menciptakan dengan pasir tidak terbatas. Patung Pasir bisa memiliki berat sampai 5000 ton, dan bisa dibuat dalam berbagai bentuk atau bentuk yang bisa dibayangkan untuk menyesuaikan  tema atau  acara. Berbeda dengan seniman anonim masa lalu, sebagian besar perupa papan atas hari ini pasir mencari nafkah dari pekerjaan mereka, dan banyak yang bersaing untuk gelar dan hadiah uang tunai yang besar. Ratusan kompetisi tahunan  diadakan di seluruh dunia.

di bawah ini karya Seniman Patung pasir yang di ambil pada Festival Patung pasir di Kawasan Sentul City, Bogor,18 Desember lalu..
keren kan,,,,Salam budaya











2 komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...