Kamis, Mei 15, 2014

Mengenal dan Membudayakan Budaya "Sipakatau, Sipakainge, Sipakalebbi, dan Sipatokkong"

Assalamualaikum guys..
Kali ini motion artikel ku yaitu budaya Sipakatau, Sipakainge, dan Sipakalebbi.
Hampir dari semua orang bugis khususnya dari Kab. Wajo pasti pernah mendengar kata ini. yah, pedoman hidup dalam bugus dikenal terbagi 3 yaitu SIPAKATAU, SIPAKAINGE, DAN SIPAKALEBBI. Dan kali ini, saya akan membahas makna dari ketiga kata tersebut.
1. Sipakatau

Sipakatau adalah sifat yang tidak saling membeda-bedakan. Makseudnya, semua orang sama. Tidak ada perbedaan derajat, kekayaan, kecantikan, dsb. Dalam kehidupan, kita tidak selayaknya membedakan orang-orang. Kita harus saling menghargai dan menghormati sesama.

2. Sipakainge
Sipakinge adalah sifat dimana kita saling mengingatkan. Apabila ada diantara kita yang melakukan kesalahan apa salahnya kita saling mengingatkan. Dimana dengan tujuan dengan saling mengingatkan kita dapat merubah dan menghindari sifat-sifat tercela yang tidak disukai oleh Allah SWT.
3. Sipakalebbi
Sipakalebbi adalah sifat saling menghargai sesama manusia. Kita sesama manusia, harus saling menghargai. Semua manusia ingin diperlakukan dengan baik.Saling menghargai di Saling menghargai inilah yang diharapkan akan membawa manusia ke jalan yang benar. Jadi intinya adalah, apabila kita ingin diperlakukan dengan baik maka perlakukan pula orang lain dengan baik :-)
4. Sipatokkong
Sipatokkong adalah sifat saling bekerja sama. Secara harfiah sipatokkong berarti berdiri bersama-sama. Contoh kecilnya saja, orang bugis dalam melakukan suatu pekerjaan pasti dilakukan bersama-sama. Pekerjaan yang berat apabila dikerjakan bersama-sama akan menjadi terasa lebih ringan. Dalam arti lain sipatokkong juga bisa diartikan saling membantu. Saling membantu kepada saudara-saudara kita yang sedang susah maupun yang sedang membutuhkan bantuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...